MAHA POWEREX MH-C9000 WizardOne Charger-Analyzer

MH C9000

MH C9000

Menindak lanjuti posting sebelumnya, buat menemani Nikon SB600 saya belikan juga 1 set battery baru merk powerex produk dari mahaenergy yang berisi 4 biji battery AA dengan kapasitas 2700mAh. Belinya sekalian ambil charger flagship dari merk yang sama, maha powrex tipe MH-C9000 WizardOne Charger-Analyzer. Mengingat Charger saya yang lama merk Sanyo tipe Super Quick Charger yang ternyata waktu baca2 artikel, pengisian battery yang cepat bisa menurunkan umur battery, maka saya ambil charger baru.

Charger ini cangih. Dia bisa custom dalam pemakaiannya. Mode pemakaiannya nya sendiri ada 5. Defaultnya Charge, trus ada mode Refresh-Analyze, Break-In, Discharge, sama Cycle. Mode charge dipake buat mengisi battery kosong seperti pada kebanyakan charger. Ada pilihan besar arus untuk pengisian, dari 200mA-2000mA dengan kenaikan 100mA per tingkat pengisian nya. Klo dalam waktu 5 detik setelah dinyalakan ga di set apa apa, otomatis dia langsung masuk mode Charge dengan arus 1000mA.
Mode Refresh-Analyze dipake buat battery yg ngalami penurunan performa. Juga bisa di pake buat ngeliat kapasitas battery sebenarnya. Jadi dia Ngecharge battery sampai penuh, trus di discharge/kosongkan, di charge lagi sampe penuh. Setelah selesai proses ini akan muncul kapasitas battery sebenarnya di layar. Mengetahui besar kapasitas battery sangat penting. Karena penggunaan battery lebih dari satu secara seri, di usahakan sebisa mungkin memakai battery yang berkapasitas sama. Klo beda kapasitasnya melenceng cukup jauh, bisa dipastikan timpang dan performa akan turun.
Mode Break-In dipake buat battery baru ato battery yang sudah sangat lama tidak digunakan. Fungsinya buat meng aktif kan kembali sel kimia di dalam battery. Mode ini urutannya hampir sama seperti Refresh-Analyze, tapi dia memakai pengisian arus yang kecil. Kemarin battery powerex tersebut sewaktu break in ngehabisin waktu sekitar 40 jam / hampir dua hari. Battery baru di charge sampai penuh dengan pengisian 0,1 kapasitas battery, istirahat sekitar satu jam, discharge, istirahat lagi, trus charge lagi dengan pengisian 0,1 kapasitas battery sampai penuh.
Mode Discharge dipakai buat mengosongkan battery. Ini dipakai buat mengukur kapasitas battery sebenarnya. Pilihannya pengosongan dengan arus antara 100mA sampai 1000mA dengan kenaikan 100mA per tingkat pilihannya.
Mode Cycle dipakai klo ingin men cycle battery nya dengan nge charge-discharge beberapa kali yang bisa di set di chargernya.
Yang jelas charger ini bener bener keren.. Dia per slot battery nya ber operasi secara individual. Seperti mempunyai 4 charger yang terpisah. Ada LCD nya dengan penunjukan angka digital ketelitian tinggi. Data angka yang di tunjukkan berupa Arus (dalam mA), kapasitas (dalam mAh), waktu (dalam menit). Mantab deh pokoknya pakai charger ini. Udah ga takut lagi battery cepet rusak gara gara pemakaian charger yang ga bener. šŸ˜€

Author: sapto

Share This Post On

8 Comments

  1. weh weh weh…
    dowone…
    tapi isine ra pati dong aq..
    pas beli ini eike ikutan loh..
    ayo pakk.. beli barang lagi trus di aplod..
    :))

    Post a Reply
  2. wakakakaka…
    hush.. maleh ketok lek konsumerisme tinggi..
    šŸ˜€

    Post a Reply
  3. hehehehhehe,

    mas barange minta satu yang fujitsuuuuuuuuuuuu, hehehehehehhee. lha yang ini namanya harus ada traktiran. Barange baru terus tuh. šŸ™‚

    Post a Reply
  4. Weleh weleh.. ya wes ntar tak taroh e ndek blogroll ku.. šŸ˜€

    Post a Reply
  5. loh..
    mana ini… banyak barang baru kok my stuff e ga di update2..
    hehehehe.. šŸ˜›

    Post a Reply
  6. wah makin mantabh… sayangnya punya saya yg tipe MHC204W matek….sedihnya.

    Post a Reply
  7. wah.. turut bersedih.. padahal mahaenergy kualitas produknya bagus2 loh.. mungkin cuma dapat barang defect aja..

    Post a Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: